Ticker

6/recent/ticker-posts

10 KARAKTER YANG HARUS DIMILIKI GURU


 Ulasan oleh Mira Rosita Dewi

Dari buku yang saya baca berjudul 10 karakter uang harus dimiliki guru yang sangat efektif, dengan penulis Elaine K. McEwan, yang diterjemahkan oleh Drs. Benyamin Molan. Ada beberapa karakter yang bisa kita jadikan ilmu untuk menjadi seorang guru efektif. Hal ini bekal bagi kita sebagai guru untuk  mewujudkan tujuan pendidikan nasional menurut Kihajar Dewantara yaitu  ‘ing ngarso sung tulodo, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani”. Di depan guru itu sebagai panutan, di samping guru itu sebagai menuntun atau pembimbing dan dibelakang sebagai motivator.

10 karakter yang di bawah dalam buku ini adalah pertama. Bergairah dan terdorong misi. Guru yang sangat efektif adalah guru yang terdorong oleh misi yang dia punyai untuk melaksanakan tugasnya seperti panggilan hati untuk mengajar dan juga sangat bergairah/semangat dalam membantu para muridnya belajar dan tumbuh sesuai kodrat alam dan kodrat zaman. Kedua, memiliki karakter positif dan riil. Seorang guru yang sangat efektif memiliki pemikiran yang positif sehingga menciptakan rasa respek, kepedulian, empati dan keadilan didalam berkomunikasi dan berhubungan dengan rekan sejawat juga dengan para muridnya. Ketiga, seorang guru- pemimpin, guru yang sangat efektif adalah guru yang dapat menjadi pemimpin yang secara positif dapat mempengaruhi kehidupan para muridnya, orang tua muridnya dan rekan sejawatnya kearah yang lebih baik. Keempat, kesertaan. Guru yang efektif menunjukkan kesertaan dalam keadaan berada di atas, perencanaan, kesadaraan akan, dan dalam kontrol yang lengkap terhadap tiga fase penting dalam kehidupan ruang kelas, yaitu menejemen dan organisasi ruang kelas, menejemen pengelolaan keterlibatan siswa dan menejemen waktu. Kelima, gaya, seorang guru yang sangat efektif memeragakan gayanya yang unik, menampilkan drama, antusiasme, kegairahan, humor, karisma, kreativitas dan kebaruab bagi pengajarnya. Keenam, keahlian motivasional, guru yang sangat efektif merupakan seorang motivator yang handal dia memiliki kepercayaan diri untuk melakukan sesuatu yang istimewa untuk para muridnya dan tanpa henti menyemangati para muridnya untuk selalu semangat dalam belajar dan berlatih guna mencapai kebahagian dan keselamatan dikehidupannya kelak. Ketujuh, efektifitas intruksional, guru yang efektif adalah seorang dapat berkomunikasi yang terlatih dengan kemampuan yang hakiki, sikap dan perilaku, model serta memegang prinsip-prinsip yang mengarahkan para siswanya ke pemelajaran. Kedelapan, pemelajaran buku, seorang guru yang efektif memiliki pengetahuan yang baik tentang konten dan hasil pencapaian yang sudah ditetapkan oleh sekolah dalam dokumen  kurikulum tingkat satuan pendidikan. Kesembilan, kecerdasan lapangan, guru yang efektif memilki pengetahuan tentang karakteristik siswanya, sekolahnya, dan komunitas guru yang lainnya. Dan menggunakan pengetahuannya untuk menyelesaikan masalah dalam situasi instruksional.

Terakhir yaitu karakter yang kesepuluh, kehidupan mental, guru yang efektif memilki kehidupan mental yang mencakup kemampuan metakognitif, kemampuan strategik, kemampuan reflektif, kemampuan komunikatif dan kemampuan responsif.

Kemampuan metakognitif: mampu membaca keadaan mental seseorang selanjynya menilai bagaimana keadaan itu akan mempengaruhi prestasi seseorang sekarang dan waktu yang akan datang. Kemampuan strategik: mampu berpikir lantang dan memodelkan personal pembelajaran yang strategis bagi para muridnya. Kemampuan reflektif: mampu berpikir tentang perilaku mengajar personal untuk tujuan pertumbuhan-pribadi. Kemampuan komunikatif: mampu mengartikulasikan ide, isu, keyakinan, dan nilai tentang tidakan mengajar dengan para rekan, para murid dan orang tua. Kemampuan responsif: mampu menjadi luwes dan menyesuaikan diri dengan tuntunan dan kebutuhan yang berubah dari profesi.

Posting Komentar

0 Komentar