Dari buku yang saya baca
berjudul 10 karakter uang harus dimiliki guru yang sangat efektif, dengan
penulis Elaine K. McEwan, yang diterjemahkan oleh Drs. Benyamin Molan. Ada
beberapa karakter yang bisa kita jadikan ilmu untuk menjadi seorang guru
efektif. Hal ini bekal bagi kita sebagai guru untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional menurut
Kihajar Dewantara yaitu ‘ing ngarso sung
tulodo, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani”. Di depan guru itu sebagai
panutan, di samping guru itu sebagai menuntun atau pembimbing dan dibelakang
sebagai motivator.
10 karakter yang di bawah dalam buku ini adalah pertama. Bergairah
dan terdorong misi. Guru yang sangat efektif adalah guru yang terdorong oleh
misi yang dia punyai untuk melaksanakan tugasnya seperti panggilan hati untuk
mengajar dan juga sangat bergairah/semangat dalam membantu para muridnya
belajar dan tumbuh sesuai kodrat alam dan kodrat zaman. Kedua, memiliki
karakter positif dan riil. Seorang guru yang sangat efektif memiliki pemikiran
yang positif sehingga menciptakan rasa respek, kepedulian, empati dan keadilan
didalam berkomunikasi dan berhubungan dengan rekan sejawat juga dengan para
muridnya. Ketiga, seorang guru- pemimpin, guru yang sangat efektif adalah
guru yang dapat menjadi pemimpin yang secara positif dapat mempengaruhi
kehidupan para muridnya, orang tua muridnya dan rekan sejawatnya kearah yang
lebih baik. Keempat, kesertaan. Guru yang efektif menunjukkan kesertaan
dalam keadaan berada di atas, perencanaan, kesadaraan akan, dan dalam kontrol
yang lengkap terhadap tiga fase penting dalam kehidupan ruang kelas, yaitu
menejemen dan organisasi ruang kelas, menejemen pengelolaan keterlibatan siswa
dan menejemen waktu. Kelima, gaya, seorang guru yang sangat efektif
memeragakan gayanya yang unik, menampilkan drama, antusiasme, kegairahan,
humor, karisma, kreativitas dan kebaruab bagi pengajarnya. Keenam,
keahlian motivasional, guru yang sangat efektif merupakan seorang motivator
yang handal dia memiliki kepercayaan diri untuk melakukan sesuatu yang istimewa
untuk para muridnya dan tanpa henti menyemangati para muridnya untuk selalu
semangat dalam belajar dan berlatih guna mencapai kebahagian dan keselamatan
dikehidupannya kelak. Ketujuh, efektifitas intruksional, guru yang
efektif adalah seorang dapat berkomunikasi yang terlatih dengan kemampuan yang
hakiki, sikap dan perilaku, model serta memegang prinsip-prinsip yang
mengarahkan para siswanya ke pemelajaran. Kedelapan, pemelajaran buku,
seorang guru yang efektif memiliki pengetahuan yang baik tentang konten dan
hasil pencapaian yang sudah ditetapkan oleh sekolah dalam dokumen kurikulum tingkat satuan pendidikan.
Kesembilan, kecerdasan lapangan, guru yang efektif memilki pengetahuan
tentang karakteristik siswanya, sekolahnya, dan komunitas guru yang lainnya.
Dan menggunakan pengetahuannya untuk menyelesaikan masalah dalam situasi
instruksional.
Terakhir yaitu karakter yang kesepuluh, kehidupan mental, guru
yang efektif memilki kehidupan mental yang mencakup kemampuan metakognitif,
kemampuan strategik, kemampuan reflektif, kemampuan komunikatif
dan kemampuan responsif.
Kemampuan metakognitif: mampu membaca keadaan mental seseorang
selanjynya menilai bagaimana keadaan itu akan mempengaruhi prestasi seseorang
sekarang dan waktu yang akan datang. Kemampuan strategik: mampu berpikir
lantang dan memodelkan personal pembelajaran yang strategis bagi para muridnya.
Kemampuan reflektif: mampu berpikir tentang perilaku mengajar personal
untuk tujuan pertumbuhan-pribadi. Kemampuan komunikatif: mampu
mengartikulasikan ide, isu, keyakinan, dan nilai tentang tidakan mengajar
dengan para rekan, para murid dan orang tua. Kemampuan responsif: mampu
menjadi luwes dan menyesuaikan diri dengan tuntunan dan kebutuhan yang berubah
dari profesi.
0 Komentar